Meja Dapur

Memasang Google Analytics

16 comments
GA

Memasang dan Memanfaatkan Google Analytics

Halo sobat Bunda...

Sapa

Bagaimana kabar kalian? senang sekali kita bisa berjumpa kembali di Meja dapur blognya Bunda Dina

Setelah sebelumnya tahap demi tahap kita belajar bloging, saat ini  menambah wawasan lagi yuks. Dan kali ini pembahasannya adalah tentang Google Analytics (GA), mencoba memahami, belajar memasang dan memanfaatkannya di blog / website kita.

Bismillah

GOOGLE ANALYTRICS (GA)

Menurut Wikipedia,  Google Analytics adalah layanan gratis dari google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web.

Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman sebelum sampai ke halaman blog / website kita, bisa dari mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, hingga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF pun bisa. 

Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di google. Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna.

Ketika pertama kali membaca penjelasan ini, Bunda tercengang sekaligus manggut-manggut karena akhirnya mendapat jawaban pertanyaan sekian lama tentang bagaimana orang bisa mempunyai pendapatan dari tulisan-tulisan di dunia maya sekaligus mengapa tulisan mereka bisa selalu uptodate. Ternyata ada alat yang membantu dan menunjang pencapaian tersebut.

Ini sesuatu yang sangat baru bagi Bunda, dan tentunya perlu step yang bertahap untuk menerapkan apalagi menguasainya. Sama seperti ketika proses  membuat domain dan juga saat menata dan merapihkan template. Bunda harus berkonsentrasi penuh agar terhindar dari kesalahan yang bisa membuat  panik tentunya. Alhamdulillah, sangat bersyukur coach Marita membimbing dengan penjelasan yang sangat detail di Blogspedia.

FUNGSI GOOGLE ANALYTICS

Google Analytics merupakan salah satu tool paling wajib yang harus dimiliki oleh pemilik blog / website. Fitur pelacakan pengunjung dari Google Analytics dapat memudahkan dalam memantau trafik website.

Dengan Google Analytics dapat dengan mudah diketahui informasi terkait dengan pengunjung atau aktivitas pengunjung pada sebuah halaman website.

Tidak hanya mengumpulkan informasi pelanggan, Google Analytics juga mengamati/mengumpulkan data mengenai kinerja Search Engine Optimization (SEO) website pada mesin pencarian google. 

Mengenai SEO sendiri, Bunda harus belajar ekstra keras untuk memahaminya. Namun setelah melakukan tahap demi tahap aturan agar blog Meja Dapur bisa SEO friendly, akhirnya perlahan-lahan mengerti mengapa alat-alat bantu ini sangat diperlukan. 

Di Google Analytics banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk membangun dan membesarkan blog, website atau usaha yang kita miliki, terutama bila ini dikaitkan dengan fungsi mesin pencarian google.

CARA MENGGUNAKAN GOOGLE ANALYTICS

Beberapa fitur di Google Analytics: 

Fitur GA

REALTIME

Fitur realtime menunjukkan jumlah pengunjung dan pada halaman mana saja yang dikunjungi pada saat itu.

Ringkasan/ Overview 

Disini sobat bisa melihat:

  • Jumlah pengunjung saat itu
  • Perangkat yang digunakan pengunjung (desktop atau mobille)
  • Jumlah tampilan halaman per menit
  • Situs referral paling popular
  • Referral media sosial paling popular
  • Keyword teratas
  • Halaman aktif teratas
  • Lokasi pengunjung teratas

AUDIENCE 

Pada fitur ini sobat dapat menelusuri data lebih lanjut tentang siapa saja yang mengunjungi blog/ website kita, dari mana asal mereka, dan apa saja ketertarikan mereka.

Disini ada beberapa hal yang wajib diketahui sobat Bunda ketika memanfaatkan google analytics;

  • Pengguna aktif / active user yang menunjukkan jumlah pengunjung satu hari terakhir, satu minggu terakhir, dua minggu terakhir, dan empat minggu terakhir. Disini bisa mendapat gambaran mengenai apa kekurangan blog/ website kita. 

  • Nilai umur / lifetime value. Google Analytics menyediakan estimasi nilai pengunjung dari beberapa kategori, seperti email marketing, campaign, pencarian organik, dan iklan. Fitur ini sangat cocok digunakan untuk blog / website yang memiliki fitur transaksi on-site seperti toko dan bisnis online.

  • Analisis kelompok / cohort analysis, memberikan data pengakuisisian pengunjung berdasarkan karakteristik tertentu. Sejauh ini, karakteristik yang dapat digunakan adalah “Acquisition Date” atau tanggal akuisisi yang menunjukkan hari di mana pengunjung memasuki blog/ website kita untuk pertama kalinya.

  • Demografi, memiliki informasi tentang usia dan jenis kelamin pengunjung blog/ website. Data ini dapat kamu gunakan untuk memilah dan menargetkan konten sesuai dengan batasan umur dan jenis kelamin.

  • Minat / interest, Informasi tentang ketertarikan pengunjung blog/ website yang dibagi menjadi berbagai kategori. Salah satu fungsi utama data ini adalah mengetahui seberapa besar kesesuaian antara minat pengunjung dan target audiens blog/ website kamu
  • Geografis informasi, tentang lokasi pengunjung dan bahasa yang digunakan pada pengaturan pencarian google mereka
  • Tehnologi, adalah data berkaitan dengan jenis teknologi yang digunakan oleh pengunjung, seperti browser, OS, dan jaringan.
  • Perilaku / Behavior,  tentang perbandingan pengunjung baru dan pengunjung lama, frekuensi dan waktu kunjungan, serta engagement pengunjung selama berada di blog/ website.
  • Lintas perangkat / cross device, memberikan informasi tentang  perangkat yang digunakan oleh satu pengunjung untuk mengunjungi blog/ website.

AKUSISI/ ACQUISITION

Pada menu ini sobat Bunda dapat melihat dari mana saja pengunjung menemukan blog/ website kita. Fitur ini sangat berguna untuk melacak keberhasilan campaign atau usaha optimasi website yang sedang berjalan.

Secara detail disini dapat melihat:

  • Traffic, melihat pembagian traffic website berdasarkan channel, treemaps, source, dan referral
  • Google Ads, berguna untuk mengumpulkan data dan melacak pengunjung yang berasal dari iklan google yang mengarah ke blog / website kita
  • Search Console, menunjukkan data yang identik dengan data dari Google Search Console. Data yang ditunjukkan adalah data yang diperoleh dari pengunjung organik yang berasal dari halaman pencarian google.
  • Sosial, menunjukkan trafik yang berasal dari situs media sosial yang sudah dikenal seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan sebagainya
  • Campaign, melacak pengunjung yang membuka URL khusus campaign yang sedang berjalan

PERILAKU/ BEHAVIOR

Disini sobat Bunda dapat melihat bagaimana pengunjung berinteraksi dengan halaman dan konten di blog/ website.

Dengan fitur ini, kita dapat melacak halaman mana saja yang yang sering dikunjungi dan menjadi landing page, melacak perjalanan pengunjung selama berada di website, dan data kecepatan website.

  • Site Content, sub-menu ini memberikan laporan mengenai semua blog post, landing page, dan halaman yang ada di blog/ website kita
  • Site Speed, menunjukkan data kecepatan blog/ website, baik dari sisi server atau dari sisi user/pengunjung
  • Site Search, digunakan untuk melacak pencarian yang dilakukan pengunjung selama berada dalam blog/ website kita
  • Events, yang dimaksud disini adalah aktivitas pengunjung, seperti mengklik sebuah tombol, menonton video, mengunduh file, dan sebagainya. Jika  pelacakanan untuk hal-hal di atas diatur, maka data akan muncul pada laporan ini.
  • Publisher, semakin banyak hal yang bisa kita ketahui tentang pengunjung blog/ website, sobat semua dapat mengambil keputusan cermat agar dapat meningkatkan kesetiaan dan keterlibatan mereka.

KONVERSI

Jika sobat mengatur goals pada Google Analytics di blog/ website, maka kita juga dapat melacak persentase keberhasilannya. Ini dapat diakses di bawah menu conversion.

ISTILAH PENTING DALAM GOOGLE ANALYTICS

Sebelum lanjut pada tahap pemasangan google analytics, sebaiknya sobat Bunda memahami juga istilah-istilah penting terkait dengannya.

 

Istilah GA

Organizations

Pengelompokan produk atau metrik yang akan diukur dalam satu folder. Disini sobat Bunda bisa memanfaatkan beberapa layanan google sekaligus seperti analytics, tag manager, optimize juga bisa mengatur user, akses data dan integrasi antar produk. 

Accounts

Ini adalah akses point ke layanan analytics.

Properties

Sebutan untuk objek yang metriknya akan di pantau, berupa blog, website, aplikasi ponsel atau device

Views

Sebutan untuk data spesifik yang diinginkan dalam sebuah properti. 

Session

Interaksi antara user dengan halaman blog/ web dalam jangka waktu tertentu. Umumnya dihitung oleh google analytics sampai user tidak aktif selama 30 menit.

Bounce Rate

Persentase atau jumlah pengunjung yang melihat halaman blog/ web setelah hanya melihat satu halaman saja.

TAHAPAN MEMASANG GOOGLE ANALYTICS

Proses pemasangan Google Analytics tidaklah sulit, sobat bisa merujuk pada support systemnya yang akan membantu tahap demi tahap.

LOGIN

Untuk memulai sobat Bunda harus membuat atau login ke akun Analytics:
  • Buka google analytics
  • Lakukan salah satu hal berikut:
    • Untuk membuat akun, klik Start for free.
    • Untuk login ke akun sendiri, Klik Login ke Analytics.
  • Siapkan properti di akun analytics. 
  • Siapkan tampilan pelaporan di properti Anda.

Ikuti petunjuk yang ada untuk menambahkan kode pelacakan ke blog/ website agar dapat mengumpulkan data di properti analytics. Dan langkah berikutnya konfigurasikan akun, properti, dan tampilan untuk menentukan akses ke data di blog/ website kita dan data mana yang tersedia.

Bila sulit memahami tahapan diatas, sobat bisa merujuk pada Blogspedia, Google Analytics 4.

Nah sobat Bunda cukup mudahkan tahapannya?  
juga manfaatnya bagi perkembangan blog/ website kita cukup besar

Alhamdulillah
Setelah semua proses dari memulai membuat blog hingga sejauh ini, sangat disayangkan kalau sobat tidak menuntaskan pemasangan google analytics ini. Semoga informasi yang Bunda sampaikan  ini berguna untuk sobat semua. 

Report 1

Ohya, karena Bunda sendiri juga baru memasang google analytics ini, jadi belum banyak informasi yang didapat. 

Report 2

InsyaAllah dikesempatan mendatang, Bunda akan berbagi lagi yang tentunya lebih seru dan menambah wawasan sobat semua. 

Terima kasih sudah main-main ke Meja Dapurnya Bunda …

 Wassalam



Rujukan:
  • Wikipedia.org
  • Dewaweb.com
  • Niagahoster.co.id
  • Blogspedia.my.id

By Bunda Dina

Bagi siapapun yang ingin menjadikan artikel ini sebagai referensi, tolong cantumkan link di artikelnya. Mohon tidak untuk copas ya. Terima Kasih
Bunda Dina
Rasa ingin tahu, membuat aku jadi ingin berbagi. I love it

Related Posts

16 comments

  1. Yeay, selamat bunda.
    Memang kalo materi tutorial gini harus konsentrasi penuh ya bun. Biar ga error hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya kalau harus ngulang lagi, aduh malah makin panik. Mendingan pelan-pelan diresapi. Itupun susah juga untuk paham... Haha

      Delete
  2. Mantabbss Bunda, lengkap nih infonya, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibarat bikin contekan jaman sekolah.. Catat semua biar nyangkut dikepala 😁

      Delete
  3. Masya Allah keren bundaaa...
    Aku masih roaming dg istilah2 di GA bun...wkwk
    Makasih penjelasan detailnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. Sama lho. Bunda tulis ulang biar ingat

      Delete
  4. Ternyata setelah ikut bp baru tau banyak banget tools yang dibutuhin buat blogger ya bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget... Selalu nemu yang baru lagi...
      Makin padat sekaligus makin penasaran...

      Delete
  5. Paket komplit nih bun. Serasa lagi ngobrol sama emak-emak yang selalu antusias. Bayangin bjnda dina lahi cerita nih tentang GA. Peace

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaaa... Lah memang begitu adanya. Asalkan yang denger gak nutup kuping...

      Delete
  6. Masha Alloh komplit bgt bunda. Alhamdulillah ya bun kenal kls blogspedia kita jd tau banyak ttg blog dan sampai di sesi ini. Memasang GA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups... Selalu berstukur dengan berkah yang kita dapat.

      Delete
  7. Aku juga perlu masuk gua kalo dah urusannya sama html. Padahal tinggal copas doang tapi dah insecure duluan.

    Alhamduliah meski telat dan injury time banget nih tapi selesai juga y bun.

    Kas dg bismillah dan alhamdulillahnya hehe

    ReplyDelete
  8. bunda selalu bikin aku semangat, malu kalo kalah semangat sama berjuangnya ma bunda, heu heu

    ReplyDelete

Post a Comment