Meja Dapur

Punya Domain Sendiri

2 comments
I Got It


Hai hai Sobat Bunda... nice to see you again 😍


Jangan kaget baca judulnya ya... HaHaHa ... memang bunda norak nih. Bisa punya domain sendiri sudah seneng banget. udah gitu pake pamer dan pasang status pula dimana-mana. 


My Dream Comes True


Memasang TLD (Top Level Domain)

Tak pernah terbayangkan bahwa suatu saat Bunda bisa punya domain sendiri. untuk sebagian orang yang sudah "senior" di blogging bukanlah suatu pretasi, namun bagi seorang Ibu yang baru memulai di usia yang tak muda lagi, ini amazing. I'm proud. 

Mengikuti tahap-tahap pengajaran dari Blogspedia memberikan sensasi luar biasa, mulai dari pengenalan dan akhirnya kita diajak untuk membeli dan memasang domain sendiri. Dari niat awal mengikuti hanya karena semata-mata tugas, dan hari aku harus bilang SALUTE sama Mbak Marita & Blogspedia nya. I owe you Mbak 💝.

Ada rencana Bunda akan susun juga tata cara dan tahap membuat blog, tapi nanti dech menyusul. Siapa tahu Sobat Bunda kesayangan ada yang tertarik juga untuk membuat blog... biar bisa saling kunjung mengunjungi.. ya ndak? 😍

So cuss lah kita masuk tahapannya ...


Membeli Domain


Hah?! 😲

Beli domain dimana? gimana caranya? berapa harganya? duh kalau mahal gimana?


Itu reaksi pertama ketika dapat tugas membeli domain. Namun ternyata tahap-tahap itu sudah tertuang detail di Blogspedia,  tinggal mengikuti langkah-langkah cara memasang TLD.

Untuk pemula diarahkan untuk membeli domain di Rumahweb atau Dewaweb. Dan Bunda putuskan untuk mencoba dengan Rumahweb. sambil ikut deg-degan soalnya ada salah satu teman bilang "gak kebagian nama yang diinginkan", jadinya ikutan panik. Padahal belum punya bayangan seperti apa dan mau pakai nama apa.


1. Nyamperin Rumahweb

Karena benar-benar masih hijau di dunia blogging, jadi Bunda nurut nih disuruh masuk Rumahweb yang ternyata sangat simple dan bikin hati seneng. Awalnya Bunda sempat cemas dan ragu, siapa tahu tutorialnya Bahasa Inggris, ternyata karya anak bangsa, sudah bahasa Indonesia dong. 



Rumahweb


Langsung disuguhin kotak kosong yang disuruh nulis nama domain yang diinginkan. Asyik kan? 

Eits... hampir aja bablas, ternyata Bunda harus register dulu. Caranya klik login diposisi kanan atas.


Login Rumahweb


Disini Bunda harus register dulu. Iya dong... namanya masuk rumah orang, kita harus kulonuwon dulu... lapor diri 😊.


2. Register di Rumahweb

Ada pilihan login dan register di kanan atas, so klik aja register. Lumayan lengkap data yang harus di isi, dengan keyakinan penuh karena ada bimbingan Bunda isi aja. Sekali ini pakai nama asli, bukan sekedar Bunda Dina. Takut ntar dicariin kerumah gak ketemu 😎.


Rumahweb-Akun


Taraaa... selesai dech registernya, Bunda sudah punya akun nih di Rumahweb. Lanjut dong. 


3. Register a New Domain

Masih dengan semangat jadi murid yang baik, Bunda mengikuti aja arahan, dengan catatan masih enggak tahu terbayang apa yang akan terjadi di depan. 

Di posisi agak bawah ada kotak yang judulnya Register a New Domain, klik dech.




Dan muncullah shopping chart dengan beberapa pilihan antara lain Domain, Hosting, Cloud Hosting dll.

Ok, lanjut dengan pilihan Domain, kita lihat apa yang terjadi. 


Pilih Nama Domain

Wah ... mulai asik nih!  


Seketika kepala blank 😥 ... mau dikasih nama apa ya domainnya? kalau kata Mbak Marita, pilih yang unik dan mudah diingat dan jangan terlalu panjang. 

Hmmm... karena ini akan menjadi tonggak sejarah, so dinamakan Bunda Dina ajalah. Semoga selamat sentosa belum ada yang menggunakan.

Ohya disitu ada beberapa pilihan Ekstensi Domain dengan harga masing-masing. Alhamdulillah untuk 'bundadina' ternyata masih belum ada yang menggunakan. dan dengan berbagai pertimbangan, tentunya atas saran 'Suhu', akhirnya terpilih 'bundadina.com'

4. Bayar dan Jadilah Domain terpilih

Setelah menemukan yang cocok, Bunda lanjut sampai pembayaran. Ada penawaran untuk membeli hosting sekalian, namun karena Bunda sendiri belum ngerti tentang domain ini, lebih baik fokus dulu.

Akhirnya pembayaran selesai, dan Alhamdulillah tidak memakan banyak waktu. Namun begitu tetap aja sabar dan pelan-pelan mengerjakannya biar enggak salah. Karena kalau sampai ada kesalahan, sayang dong ... kan berbayar.

Lanjut ya Sobat ... karena prosesnya belum selesai. yang tadi dikerjakan baru sampai sebatas membeli, sekarang waktunya memasang


Memasang & Mengatur Domain

Domain pilihan yang sudah kita miliki belum otomatis terpasang, so tahap-tahap lanjutan harus di ikuti juga. Disini harus pelan-pelan disimak karena rada-rada bikin galau 😶. Kenapa ? 


  1. Cek Email untuk verifikasi akun
  2. Mengaktifkan domain yang sudh dibeli di Rumahweb
  3. Memanage domain dengan Enable Registrar Lock
  4. Synergy domain di Rumahweb dengan Blog sendiri

Spesial di tahap ke 4, Sobat harus benar-benar fokus karena akan bolak-balik tuch antara RumahWeb dan Blog sendiri. Ada langkah-langkah khusus yang harus dilakukan dengan teliti.

Nah...  pemasangan dan pengaturan ini rada-rada njelimet, jadi Bunda sarankan langsung aja menyimak cara memasang TLD dari Blogspedia. Tapi ini enggak susah kok karena kalau mengikuti semua tahap  dengan benar, akhirnya selesai dengan memuaskan. 


My Domain


www.bundadina.com


Yeyyy... akhirnya domain yang Bunda inginkan terpasang dengan sempurna.

Wow... tidak pernah Bunda bayangkan sebelumnya lho bahwa akhirnya bisa memiliki web address sendiri, punya domain sendiri.


PUAS ? .... Ya Dong 😊
BANGGA ? .... Sudah Pasti 😍
MAKIN SEMANGAT ? .... Cusss 😎


www.bundadina.com


KESIMPULAN

Ketika memutuskan membuat blog, memang sebaiknya kita punya domain sendiri. Dan dalam rangka persiapan punya domain sendiri, sebaiknya memperhatikan tips berikut:

  1. Berdoa pada Allah SWT, agar setiap langkah mendapat ridhoNya. 
  2. Sediakan waktu yang cukup untuk memulai langkah-langkah memasang TLD
  3. Mencari rujukan yang tepat untuk belajar seperti Blogspedia
  4. Memilih website yang kredible untuk membeli domain
  5. Fokus, Sabar dan Teliti dalam mengikuti langkah-langkahnya
  6. Bersyukur atas pencapaian hari ini
Alhamdulillah, akhirnya punya domain sendiri bisa terwujud.



Now I can say ...
Hey ... come to My Home 


Bagi siapapun yang ingin menjadikan artikel ini sebagai referensi, tolong cantumkan link di artikelnya. Mohon tidak untuk copas ya. Terima Kasih

Bunda Dina
Rasa ingin tahu, membuat aku jadi ingin berbagi. I love it

Related Posts

2 comments

  1. Wah, sama Bun aku juga beli di rumahweb beruntung ada tutorial kece dari Blogspedia ya Bun, akhirnya bisa dibantu sampai selesai. Semangat nulisnya Bun...

    ReplyDelete
  2. Toss bun, junitha juga beli di rumahweb nih. Pass isi eror box ituuu sampai berkali2 ga sukses. Kuncinya adalah teliti. Alhamdulillah berhasil jg

    ReplyDelete

Post a Comment