Meja Dapur

PERSONAL BRANDING FOR BLOGGER

27 comments

Header

PERSONAL BRANDING TO BOOST YOUR PRESENCE

Halo Sobat Bunda…

Sapa
Wah, senang sekali bisa berbagi cerita lagi, dan kali ini Bunda akan berceloteh tentang Personal Branding

So stay tune ya …

Bismillah

APA ITU PERSONAL BRANDING?

Awal mula mengenal kata “branding” adalah ketika ananda Ayasy bersama teman-temannya mendapat projek membangun brand sebuah usaha. Mereka mengawali mulai dari konsep branding sesuai keinginan client lalu diaplikasikan dalam properti, merk, semboyan, kata promosi dan sebagainya.

Ketika itu kata “branding” sesuatu yang baru untuk Bunda. Namun, karena istilah itu berangkat dari kata “brand” atau merk, Bunda mencoba memahami  branding sebagai upaya membuat "nama" yang bisa menyatu dengan keseluruhan aktifitas dan tampilan usaha.

Ketika itu Bunda pikir, mengapa susah-susah membuat branding? Toh semua usaha dengan sendirinya akan berjalan sesuai aktifitas, bisa populer dan terangkat atau bisa saja tenggelam. Kala itu mereka mengatakan bahwa apa yang mereka lakukan dengan branding adalah justru untuk membuat usaha ini berdiri tegak, dikenal, mendapat audiens yang tepat dan bertahan. 

Hm… waktu itu Bunda hanya manggut-manggut, karena belum terlalu menguasai maksudnya. Sama seperti ketika baru pertama kali belajar blogging dengan mbak Marita dan blogspedia. Mencerna, melaksanakan, memenuhi target walaupun pemahaman belum sepenuhnya terbentuk. 

Tak apa… alah bisa karena biasa… ya kan sobat?

kupu-kupu

Menurut wikipedia.org, Personal Branding adalah upaya sadar dan disengaja untuk menciptakan dan mempengaruhi persepsi publik tentang individu dengan memposisikan mereka sebagai otoritas dalam industri, meningkatkan kredibilitas , dan membedakan diri  dari kompetisi, untuk akhirnya memajukan karir mereka, meningkatkan lingkaran pengaruh dan memiliki dampak yang lebih besar.

PB Wikipedia
Referensi lain mengatakan bahwa ; 

Personal Branding adalah apa yang orang lihat dan bicarakan tentang kamu, ketika kamu tidak ada diruangan yang sama  

Personal Branding adalah proses membentuk citra diri dan menampilkan keunikanmu dibanding yang lain.

Dari beberapa penyataan tersebut, Bunda menyimpulkan bahwa Personal Branding adalah sesuatu yang terkait dengan: 

  • Diri sendiri
  • Citra / Image
  • Nilai Diri
  • Ciri khas
  • Promosi
  • Nilai jual
Personal Branding tersebut secara alami menempel pada diri setiap orang baik secara fisik maupun nilai (value). 

Melalui Personal Branding, kita dapat menjelaskan 3W kepada audiens:
  • Tentang siapa kita (Who are you?)
  • Apa yang sudah kamu lakukan sebelumnya (What have you done?)
  • Apa visi masa depan (What will you do?)
3W

Lalu pertanyaannya adalah apakah Personal Branding ini perlu? Siapa yang membutuhkannya? Bagaimana seorang blogger dan writer membuat / membangun Personal Branding?


JENIS-JENIS PERSONAL BRANDING

Personal Branding Alami (Natural); yaitu seseorang yang dengan alami sudah melakukan branding tanpa disadarinya.

Personal Branding Buatan (By Design); yaitu seseorang yang dengan sengaja menciptakan brandingnya untuk mencapai tujuan tertentu.

MANFAAT PERSONAL BRANDING

Ketika seseorang melakukan Personal Branding, dia akan mencuri perhatian dan menggiring dirinya pada kepercayaan dan loyalitas pihak yang berkepentingan / audiens

Lalu mengapa Personal Branding ini diperlukan?

Membuat Kita Lebih Dikenal Dan Mudah Ditemukan Oleh Orang Yang Ideal Untuk Kita 

Salah satu contoh sederhana adalah kekuatan media sosial dimana saat ini menjadi salah satu alat untuk melakukan Personal Branding

Banyak perusahaan mulai menggunakan media sosial calon karyawan atau client untuk menilai kekuatan dan nilai lebihnya dicompare dengan kebutuhan perusahaan. Oleh sebab itu bila Sobat Bunda ingin Personal Brandingnya baik, mulailah dengan mengelola dan menampilkan media sosial dengan baik juga, tentunya tetap berpegang pada kejujuran.

Segala yang dimulai dengan kepalsuan, hasilnya tidak akan sesuai dengan harapan ke depan dan tentunya tidak akan langgeng. Buatlah portfolio yang baik, jujur dan menunjukkan diri kita apa adanya.

Meningkatkan Kredibilitas Dan Rasa Percaya Diri

Personal Branding yang kita bangun, sudah pasti akan sejalan dengan implementasi apa adanya yang kita lakukan sesuai kemampuan dan keahlian.

Ketika kita melakukannya dengan sungguh-sungguh dan menguasai bidang tersebut, akan muncul rasa percaya diri saat berhadapan dengan audiens atau competitor.

Seorang penemu tentunya akan dengan mudah menjelaskan cara kerja alat yang dibuatnya berikut kelebihan dan kekurangan secara tehnis dibandingkan seseorang yang hanya menjual atau memasarkan produk tersebut.

Membantu Memperluas Jaringan / Nerworking

Manfaatkan internet untuk memperkenalkan Personal Branding  yang sudah di bangun dan untuk memperluas jaring pertemanan dan usaha. Personal Branding yang kuat akan memudahkan kita untuk dikenal, baik secara pribadi maupun professional.

Hasil karya berikut pencapaian dapat dengan mudah diketahui pihak yang berkepentingan, dan mereka mulai bisa mengenali kekhususan / ciri khas yang kita miliki.

High Value Yang Akan Membedakan Dengan Competitor

Personal Branding yang dibangun dengan konsisten akan menunjukkan perkembangan dan kemajuan dari usaha yang kita lakukan. Dan nilai lebih  akan didapat, bila kita mampu mengenali dan mengangkat keistimewaan yang dimiliki sehingga  membedakannya dengan competitor.

Tolok Ukur Keberhasilan Usaha

Bila kita sudah dikenal, otomatis nilai jual akan naik dengan sedirinya. Hal itu tentunya sejalan dengan keberhasilan usaha secara keseluruhan. 

Untuk selanjutnya inovasi harus terus dikembangkan, baik dari produk maupun jasa (after sales service) agar kekuatan Personal Branding dapat bertahan dan makin kuat.

SIAPA YANG MEMBUTUHKAN PERSONAL BRANDING

Selain untuk dunia usaha, Personal Branding juga penting untuk influencer, pencari kerja, freelancer, programmer, penulis, dll.

Kamu ingin dikenal sebagai apa? 

Personal Branding itulah yang akan menentukan bagaimana orang lain menggambarkan kamu. Apakah digambarkan sebagai seorang yang introvert, ekstrovert, pembicara paling menghibur, pemimpin yang sederhana, atau yang lainnya.

Selain daripada itu, dalam kehidupan sehari-hari, walaupun kita bukan penggiat usaha, 
Personal Branding tetap diperlukan sesuai peran kita masing-masing. 

Sobat Bunda apakah seorang ibu rumah tangga atau seorang anak, suami, mertua, orangtua ? 

Siapapun kita, tetap memiliki kebutuhan untuk dikenal dan diterima. Itulah sebabnya Personal Branding  individu juga penting.

Dan untuk para pekerja, perkembangan dunia bisnis, mulai membutuhkan karyawan yang memiliki dan dapat menjaga Personal Branding yang baik. Ini dibutuhkan karena ikut mempertahankan Brand Value sebuah perusahaan.

KOMPONEN PERSONAL BRANDING

KOMPONEN UTAMA

  • Value / Nilai Unggul Diri
  • Skill / Keterampilan
  • Behaviour / Perilaku

KOMPONEN PENDUKUNG
  • Appearance / Penampilan
  • Uniqueness / Unik - Khas
  • Authentic / Otentik - Asli

CARA MEMBANGUN PERSONAL BRANDING

Sobat Bunda sebaiknya mulai mengenali tujuan membangun Personal Branding. Berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan:

Apa Tujuanmu Ingin Dikenal Orang?

Tujuan Personal Branding harus bersifat jangka panjang, spesifik dan ambisius. 

Misalnya mungkin kamu ingin dikenal sebagai:

  • Menjadi narasumber yang selalu diundang dalam berbagai event
  • Menjadi sumber referensi
  • Sebagai Novelis
  • Sebagai blogger bidang keahlian yang kamu kuasai
  • Dll

Bagaimana Kamu Ingin Dikenal Oleh Orang Lain? 

Apakah kamu ingin dikenal sebagai orang easy going dan cerdas? atau ingin dikenal sebagai sosok yang smart sekaligus humoris? atau pribadi yang berpenampilan stylish dan fashionable

Intinya adalah bagaimana kamu ingin dilihat orang lain.

Untuk mencapainya, Sobat Bunda harus  melakukan riset mengenai hal tersebut. Kita wajib memahami unique selling point atau hal yang dapat membedakan diri kita dari competitor.

Hal yang paling penting adalah kita harus menemukan atau mendapatkan sesuatu yang dikuasai dimana orang lain tidak  atau belum mampu melakukannya.

Menentukan Personal Branding

Siapapun kita dan apapun yang dilakukan, misalnya menulis, fotografi, aktivitas sosial dan lain-lain, selalu ada ratusan hingga ribuan orang yang sama di luar sana melakukan hal yang sama seperti yang kita lakukan.

Agar kita dapat menjadi pribadi yang berbeda dari ratusan atau ribuan orang lain yang melakukan hal yang sama, maka bangunlah Personal Branding yang mengangkat  keunikan milik kita  sejak dulu atau hal yang baru dicoba temukan/ ciptakan. 

Berusahalah untuk menemukan kebutuhan dan harapan orang terhadap diri kita dengan menempatkan  di posisi mereka.

Tampilkan Citra Diri Sesuai Portfolio

Tampilkan diri kita apa adanya sesuai nilai juga keahlian yang dimiliki. 

Tentunya Sobat Bunda tidak ingin jika  dianggap orang yang hanya pencitraan saja kan?

Selain itu, teruslah berkarya untuk menambah tabungan nilai diri pada portfolio.

Konten Yang Otentik, Menarik Sesuai Gaya / Karakter Sendiri

Konten dapat menjadi alat untuk membangun dan memperkuat Personal Branding. Bahklan Content Marketing sudah menjadi sarana tersendiri yang tidak bisa di anggap remeh dalam dunia usaha. Opini bisa dibangun melalui konten tentang produk yang ditawarkan. 

Salah satu ruang yang sudah mulai banyak digunakan adalah blog.

Jaga Konsistensi

Pantang menyerah, tidak mudah putus asa. Bila sudah memutuskan untuk membranding diri sebagai seorang blogger, maka buatlah konten secara rutin. Audiens membutuhkan kepastian bahwa kita mampu memenuhi harapannya. 

Inconsistency akan membuat kita ditinggal audiens yang sudah susah payah kita bangun. 

Fokus Pada Niche

Kita Tidak Akan Bisa Membangun Sebuah Brand Tanpa Audience
Tidak ada yang salah dari pernyataan diatas. Yang salah adalah ketika mencoba sangat keras untuk membuat semua orang tertarik kepada diri / produk kita.

Hal tersebut jangan menjadi orientasi ketika membangun Personal Branding

Fokuslah pada niche yang sudah ditetapkan dan berusahalah untuk menarik audiens yang memiliki pemikiran  dan passion yang sama disetiap konten yang kita tawarkan.

Investasi Untuk Personal Branding

Melakukan investasi dalam Personal Branding tidak harus mahal. Platform sosial media dan website adalah cara untuk membantu mengembangkan citra diri seseorang. Langkahnya bisa diawali dengan mulai membuat website pribadi.

Bangun Networking dan Saling Berkolaborasi

Membangun networking sangat penting dalam membangun Personal Branding yang cepat. 

Melalui networking Sobat Bunda bisa bertemu dengan teman baru, partner kerja baru, peluang kerja yang lebih baik yang secara tidak langung akan membantu untuk mengembangkan Personal Branding kita.

Bukan hanya itu, kolaborasi juga sangat penting. Bila diperhatikan Youtuber yang sudah terkenalpun masih membutuhkan kolaborasi. 

Mulailah memperhatikan jaringan yang kita miliki agar  bisa menemukan partner kolaborasi yang tepat.

PERSONAL BRANDING SEPERTI APA YANG AKAN BUNDA PILIH?

Walau terhitung masih sangat baru melangkah di dunia blogging, sedari awal Bunda sudah mempunyai target akan kemana dan menjadi seperti apa.

Hal ini sudah Bunda tuangkan ketika bercerita tentang Meja Dapur blognya Bunda Dina.

Selayaknya seorang ibu yang merupakan centre of interest dari keluarga, Bunda ingin menjadi sosok yang bisa berbagi banyak hal pada anak-anaknya. 

Menggurui, menasehati, mengayomi, memberi solusi dan banyak hal lain yang bisa diberikan selayaknya tempat bertanya dan mengadu.

Suatu masa, mungkin saja fokus akan menjurus kepada hanya satu atau dua tema yang diminati audiens, itu tidak menjadi masalah. Karena pada dasarnya Personal Branding dapat berubah.

PB Mbak Marita
Alahamdulillah
Tidak cukup hanya menjadi diri terbaik untuk diri sendiri atau kalangan terbatas saja yang tahu.
Tidak cukup menjadi diri yang terbaik jika kemanfaatan itu hanya untuk diri sendiri saja.

Nah, tak terasa sudah masuk di penghujung. Ayo Sobat Bunda kita mulai membangun Personal Branding yang baik untuk diri  dan usaha yang kita lakukan. 

Bundapun akan terus menggali kemampuan dan menampilkan konten-konten yang memikat di Meja Dapur blognya Bunda Dina. Ohya, di akun Instagram, Bunda sudah mendaulat diri sebagai penulis. Menjejakkan langkah dengan membangun Personal Branding sebagai seorang blogger & writter.

Kartu Nama

Wassalam

By. Bunda Dina

Rujukan:
  • penerbitbukudeepublish.com
  • wikipedia.org
  • medium.com
  • tsm.ac.id
  • dreamtalent.id
  • niagahoster.co.id
  • jagoanhosting.com
  • blogspedia.my.id

Bagi siapapun yang ingin menjadikan artikel ini sebagai referensi, tolong cantumkan link di artikelnya. Mohon tidak untuk copas ya. Terima Kasih
Bunda Dina
Rasa ingin tahu, membuat aku jadi ingin berbagi. I love it

Related Posts

27 comments

  1. Uwaaahhh kece banget kartu namanya Bunnn!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak...
      Itukan mengadaptasi header dan logo blog.
      Copas sana sini..

      Yg kece photonya kalik?... Hahaaaa...

      Delete
  2. Semangat konsisten bunda, semoga personal branding kita segera terbentuk 💪

    ReplyDelete
  3. keren nih bunda..
    aku malah gak pede bund, bikin personal branding ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air laut siapa yg garamin?
      Ngasinin sendiri aja mbak.. daripada nunggu...
      Iya kalau ada yang sempat.. Kalau gak? Anyep dong? 😉

      Delete
  4. Keren nih bunda.. Personal branding ini penting banget ya, semoga aku bisa se pede bunda nih tentang personal branding ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang kita harus keluar dari zona nyaman.
      Bertahun ditempa segala ujian, akhirnya bmBunda berani mengatakan.. This is me.. I am what I am...

      Delete
  5. Masya Allah, mantap banget, Bunda. Pertanyaan 3W nya ini bener2 merangkum personal branding. Masih blm pede ngejawab pertanyaan2 itu juga huhu

    Semangat dan semoga terus konsisten mengisi blog ini dengan tulisan2 bermanfaat lainnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tugas kita hanya berjalan...
      Pasti ada tanjakan... Tentu ada turunan...
      Ada saat terhenti.. Kadangpun harus mundur dulu atau melipir..

      Tapi.. Tetap harus jalan kan akhirnya??

      So? Just do it

      Delete
  6. Ahh bunda..slalu deh bkin kagum dgn smangat dan konsistensinya dalam menulis

    ReplyDelete
  7. Kita Tidak Akan Bisa Membangun Sebuah Brand Tanpa Audience

    Suka suka suka sekali bagian ini

    Terus istiqomah dengan semangat yang selalu berkobar ya bundo.

    Masya Allah bener inspiratif.

    Aamiin mejadapur ini akan jadi warisan. Kelak bagi anak cucu bunda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin YRA...

      Sepanjang waktu masih belum berhenti berputar, jangan pernah berhenti untuk berkisah...

      Catatan kecil ini suatu saat akan menjadi cerita besar.. Cerita kenangan seorang Ibu untuk anak dan cucunya..

      Haha... Mellow...

      Delete
  8. Kayanya akan menjadi branding bunda deh, soalnya tulisannya mantep2 bun, dibabat abis semuanya

    ReplyDelete
  9. Bun, aku mau nanya mealbatros itu artinya apa bun?? Pinisirin boleh ya bun hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Then.. It'll be another story in my blog..
      Just wait and... 😉

      Delete
  10. Salut ma bunda yang gamau kalah semangat sama yang muda.. karena belajar dan berbagi itu ga kenal usia ya bun. Semoga bisa se semangat bunda terus juga aku ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuklah... Makin tua makin jadi kata Pak Dokter 🤭

      Delete
  11. Keren Bunda... Tua-tua keladi, makin tua makin "jadi". Lengkap banget ya bunda personal branding nya. Btw, coba perhatikan tulisan di name card... Kayaknya ada yang typo deh... Hayo dicari sendiri ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Dok.. Makasih.
      Bablas nulise 🤭.
      Otw revisi

      Delete
  12. MasyaAllaah detail dan lengkap sekali penjelasan bunda..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw... Bunda memang menyukai bidang ini dan baru lewatin 1 kelas personal branding. Makanya semangat

      Delete
  13. Bunda dina mah, udah layak disebut blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... Saya terhibur Pak.
      Wong masih sering nangis bombay kalau ketemu gsc, ga, da, pa 🤫

      Delete
  14. MasyaAllah, aura blogger nya sudah terpancar ya Bun, ditambah dengan kartu nama yang kece badaiii top markotop deh

    ReplyDelete

Post a Comment