Meja Dapur

Diet Bugar Dengan Alpukat Dan Telur

12 comments
Diet Alpukat dan Telur

Hai hai Sobat Bunda ....

Assalamualaikum

Hayo.. siapa nih yang sudah tidak sabar ingin tahu bagaimana caranya diet bugar dengan alpukat dan telur?

Kita langsung pembahasan aja ya, Bunda juga sudah tidak sabar ingin berbagi.

Bismillah

ALPUKAT

Di antara Sobat Bunda, siapa yang tidak suka alpukat? 

Tua muda sangat menyukai Alpukat. Bunda jadi teringat Papa, bila kami pergi ke restoran dan menawari beliau jus, selalu jus alpukat yang menjadi andalannya. 

Tapi wajar saja, melihat tampilannya yang menggoda, siapa yang tidak jatuh cinta pada buah yang berwarna hijau itu?

Dan paling enak kalau bisa mendapatkan alpukat mentega yang matang di pohon, waduh ... nyummy 👌.

MANFAAT ALPUKAT

Yuk kita lihat apa saja manfaat Alpukat atau Avocado;

Manfaat Alpukat

Menjaga Berat Badan

Alpukat mengandung karbohidrat dan serat, yang membuat kenyang lebih lama. Kandungan kalorinya sekitar 150-200 kal/buah.

Selain itu buah ini juga mengandung sedikit lemak, namun dalam kategori lemak baik. 

Memelihara Kesehatan Jantung 

Riset menunjukkan bahwa konsumsi alpukat termasuk buah dan sayuran, akan membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL) dalam tubuh. 

Menjaga Kesehatan Mata

Alpukat mengandung lutein dan zeaxnanthin yang memiliki peran penting dalam kesehatan mata. Kedua zat tersebut bertindak sebagai antioksidan yang dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan mata. Selain itu juga baik untuk mencegah penyakit akibat penuaan seperti katarak dll. 

Mencegah & Mengatasi Sembelit

Serat yang terkandung di dalamnya sangat diperlukan oleh tubuh  agar tidak terjadi sembelit.

Mengontrol Tekanan Darah

Alpukat kaya dengan kalium yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi).

Mengurangi Resiko Terkena Kanker

Buah ini mengandung beragam nutrisi dan antioksidan yang baik untuk menghambat pertumbuhan sel kanker

Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Folat, protein, lemak dan vitamin yang dikandung alpukat sangat baik untuk ibu hamil untuk membantu proses tumbuh kembang janin juga sebagai salah satu alternatif penambah darah.

Kandungan Gizi Alpukat

Kandungan Gizi Alpukat
  • Asam lemak jenuh tunggal (monounsaturated fat acids)
  • Karbohidrat
  • Folat
  • Vitamin K
  • Vitamin C
  • Vitami B1, B5, B6
  • Magnesium
  • Mangan
  • Fosfor
  • Potasium
  • Kalium
  • Lutein 
  • Zeaxnanthin
  • Beta Sitoterol
  • Beta Karoten
  • Lemak Omega 3
  • Serat

TELUR

Selain alpukat, telur juga merupakan makanan yang sangat disukai segala usia, baik telur ayam, telur bebek bahkan telur burung puyuh. 

Manfaat Telur

Manfaat Telur

Membentuk Jaringan Tubuh & Membantu Fungsinya

Tubuh manusia memerlukan protein untuk pembentukan, perbaikan dan berjalannya fungsi sel yang ada di seluruh bagian termasuk otak, otot, tulang dll. 
Mengkonsumsi satu butir telur setiap hari dapat membantu supply protein yang dibutuhkan. 

Meningkatkan Kinerja Otak

Telur mempunyai kandungan kolin yang dapat mengatur otak, sistem saraf, dan menjaga kesehatan kardiovaskular.

Menjaga Kesehatan Mata

Lutein dan zeaxanthin yang Anda dapatkan dari telur biasanya terkumpul pada retina dan melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari. 

Mencegah Penyakit Jantung

Telur terutama yang direbus mengandung lemak baik atau lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, yang dapat menstabilkan kadar kolesterol darah yang dapat mencegah resiko penyakit jantung.

Kandungan gizi beberapa jenis telur juga diperkaya dengan asam lemak omega 3 yang mampu menurunkan trigliserida darah. Penurunan kadar trigliserida akan mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah yang menjadi cikal bakal penyakit jantung.

Menguatkan Sistem Imun

Telur mengandung beragam zat gizi yang penting untuk menjaga kesehatan sistem imun, termasuk di antaranya yakni asam amino sebagai pembentuk kekebalan serta antioksidan, vitamin A, vitamin B12 dan lain-lain

Selain itu, selaput di sekitar kuning telur juga mengandung glikopeptida tersulfasi. Zat ini membantu merangsang produksi makrofag, yakni sel-sel kekebalan yang melindungi tubuh dari serangan penyakit dan infeksi.

Kandungan Gizi Telur

Kandungan Gizi Telur
  • Protein
  • Vitamin B2, B6, B12
  • Vitamin A
  • Vitamin D'
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Selenium
  • Lemak
  • Kolesterol
  • Kalori
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat Besi
  • Kalium
  • Natrium
  • Zinc
  • Lutein 
  • Zeaxnanthin

OLAHAN ALPUKAT & TELUR

Setelah memahami manfaat dan juga kandungan gizi yang terkandung didalam Alpukat dan Telur, bagaimana kalau sekarang kita buat beberapa makanan yang mengandung kedua bahan tersebut?

Bunda ambilkan beberapa resep yang sedap nian dari Cookpad Indonesia. 

Telur Ceplok Alpukat


Bahan-bahan:
  • 1 buah Alpukat
  • 1 sdm mayones
  • 1 sdm bawang bombay cincang (boleh lebih,sesuai selera)
  • 1 sdt pesaran air jeruk nipis
  • garam & lada secukupnya
  • 2 butir telur
  • irisan cabai (sesuai selera)
  • rempah (oregano/parsley dll)
  • 2 lembar roti di toast / panggang
Cara Membuat:
  • Kerok buah alpukat sambil dihaluskan, masukkan dalam mangkok. Tambahkan bawang bombay, mayones, garam & lada, aduk rata. Tuangkan perasan jeruk nipis, sisihkan
  • Roti yang telah dipanggang, alesi salah satu permukaaannya dengan campuran alpukat. Tata diatas piring
  • Goreng telor mata sapi dengan butter / mentega secukupnya. Taburi irisan cabai, rempah, garam & lada. Lebih enak bila telur di goreng tidak terlalu matang
  • Telor Ceplok Alpukat siap untuk disantap 👌

Egg Avocado Salad

Egg Avocado Salad

Bahan-bahan:
  • 3 butir telur
  • 1 buah alpukat
  • 3 lembar smoke beef
  • 1/4 buah paprika merah
  • Keju cheddar secukupnya
  • Mayones
  • 1 sdm minyak zaitun
Cara Membuat:
  • Rebus telur hingga matang, kupas dan potong memjadi 4 bagian
  • Potong smoke Beef, paprika dan alpukat kotak-kotak
  • Panaskan minta zaitun di pan, masak smoke beef. Setelah 1/2 matang, masukkan paprika, masak sebentar dan sisihkan
  • Tata telur di atas piring, ditambah alpukat dan tumisan smoke beef paprika. Beri mayones dan parutan keju cheddar.
  • Egg Avocado Salad siap untuk dinikmati 👌

Grilled Fish Avocado

Grilled Fish Avocado

Bahan-bahan:

  • 1 potong ikan dori fillet
  • garam himalaya
  • 4 lembar daun selada
  • 4 lembar roti gandum
  • butter (tidak asin)
  • timun diris tipis
  • tomat diiris tipis
  • 1 buah alpukat
  • 2 buter telur (di goreng mata sapi)
  • Keju lembaran
Cara Membuat:
  • Marinasi ikan dory fillet dengan garam himalaya secukupnya, diamkan selama 10 menit, lalu panggang diatas teflon
  • Panggang roti gandum dengan butter, di bolak balik hingga rata kecoklatan.
  • Susun diatas roti: selada, timun, alpukat dan tomat. Di atasnya tambahkan telor mata sapi, keju lembaran, ikan dori panggang dan terakhir tutup kembali dengan tomat, timun, selada dan roti.
  • Bisa tambahkan mayones dan saos di antara lapisannya bila suka
  • Grilled Fish Sandwich siap untuk dinikmati 👌

Nah sobat, sudah 3 resep nih yang Bunda bagi. Masih banyak resep lain yang tak kalah enaknya di Cookpad Indonesia.

Alhamdulillah

Bunda sangat senang bisa berbagi resep dan tips memasak, nanti pelan-pelan akan di share di Meja Dapur blognya Bunda Dina. Bunda juga sesekali berbagi tips dan cerita di Instagram dan Facebook, agar makin banyak yang bisa mengambil manfaat.

Ohya, Bunda juga sudah berbagi cerita tentang sehat dan bugar  jadi sobat juga bisa tuch mengkombinasi informasi itu dengan cerita di atas. 

Terima kasih atas kunjungan dan waktu yang sangat menyenangkan. Suatu kebahagiaan bagi Bunda bila sobat sekalian sudi memberikan tanggapan di kolom komentar.

Selamat menikmati hari-hari yang indah, dan jangan lupa di coba resep-resep di atas.

Wassalam

By. Bunda Dina

Bagi siapapun yang ingin menjadikan artikel ini sebagai referensi, tolong cantumkan link di artikelnya. Mohon tidak untuk copas ya. Terima Kasih
Bunda Dina
Rasa ingin tahu, membuat aku jadi ingin berbagi. I love it

Related Posts

12 comments

  1. Aaaaaaa, msut try nih !!!
    makasih bunda sharingnya,..

    ReplyDelete
  2. aku suka banget sama alpukat, cuma sayang enggak ngerti cara pilih alpukat yang bagus, sering zong, huhuhu. kasih saran dong, mbak, cara pilih alpukat yang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda hanya berani beli sama langganan yang terpercaya, karena kalau beli bebas sering zonk juga.

      Delete
  3. Padahal byk orang yg diet menghindari alpukat... dan olahan alpukat sm telur bs jadi byk variasi ya, kreatif sekali... 👏👏 btw telurnya bagusan yg telur kampung yg bebas suntikan kali ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, kebalikannya nih. Bunda taunya orang diet makannya alpukat..hehe. tapi cara mengolahnya kayaknya yg bikin gemuk. kan selama ini orang taunya alpukat di jus, dengan penambahan gula dan susu... nyummy tapi bikin bb bertambah

      Delete
  4. Perpaduan unik ya alpukat dan telur dan keduanya memiliki kandungan gizi tinggi, aku penasaran pengen bikin sandwich telur dan alpukat nya enak ya tampaknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak Mbak. Monggo di coba. Bunda kenal pertama kali pas anak gadisku diet.

      Delete
  5. Wah kebetulan aku lagi pengen turunin berat badan. Selama ini aku makannya banyak oatmeal, buah, sama telur rebus aja sih. Boleh deh kalau aku nemu alpukat, mau coba masak ini~

    ReplyDelete
  6. aku suka jus alpukaaatt, enak trus bikin kenyang juga. aku baru tau kalo alpukat bermanfaat untuk kesehatan mata

    ReplyDelete

Post a Comment