Meja Dapur

Memahami Optimasi Blog Bersama Bloggerhub

2 comments
Optimasi Blog

Hai Sobat …

Assalamualaikum

Bunda gak sabar lho kepingin cerita tentang pengalaman ikutan zoom meeting Memahami Optimasi Bersama Bloggerhub.

Awal mulanya Bunda bertemu bloggerhub.id karena membaca link dari seorang teman tentang instagramnya yang banyak berbagi ilmu seputar blogging. So, cuss-lah Bunda main-main kesana dan langsung mendapat sajian tentang acara itu.

Bunda sangat menyadari ilmu tehnis blogging masih sangat minim, itulah yang membuat dengan serta merta mengajukan pendaftaran peserta. Alhamdulillah lolos, dan siap duduk cantik mendengarkan pemaparan.

Acara yang dilaksanakan hari Jum’at, 27 Agustus 2021 pukul 19.30 itu dipandu Mbak Yatang dan menghadirkan Mas Priyo Harjiyono.

Bismillah

OPTIMASI BLOG

Sebenarnya apa ya yang dimaksud dengan mengoptimalkan blog?

Dalam dunia blogging optimasi selalu diidentikkan dengan SEO. Padahal masih ada parameter lain yang bisa digunakan untuk optimasi blog.

PERFORMA WEBSITE

Optimasi Performa Website :

Core Web Vital

Core Web Vital adalah salah satu parameter dari google yang sejatinya ada 6, namun di sini yang ditekankan oleh narasumber hanya 3 yaitu:

Largest Contentfull Pain (LCP)

Ketika membuka website ada satu elemen yang paling berat di load. Itu biasanya berupa gambar. Semakin lama dia di load, maka nilai LCPnya jelek. LCP yang bagus itu < 2,5detik.

First Input Delay (FID)

Jeda antara ketika pengunjung membuka alamat website kita dengan kemampuan browser itu untuk interaksi pertama kali (aktifitas pertama apapun baik scroll layer, klik dll). Nilai yang bagus adalah < 100 mili detik

Cumulative Layout Space (CLS)

Kecepatan melakukan perubahan ketika seseorang membuka browser kita pertama kali tampilan yang muncul tidak boleh bergeser. Misalnya tampilan iklan yang membuat postingan bergeser kebawah. Sebaiknya CLS ini tidak ada, namun kalau ada sebaiknya nilainya < 0,1 detik.

Core Web Vitals

Delivery Content

Sobat Bunda, salah satu yang sering bermasalah adalah ketika akun akan dibuka proses memakan waktu dimana biasanya ini disebabkan karena ukuran headernya yang cukup besar. Kalau ingin website kita cepat yang paling penting adalah ukuran data yang dikirim dari server kita ke browser pembaca / client sebaiknya sekecil mungkin. Yang optimal ada di kisaran 100-300 kb. Itu tidak mudah karena harus banyak dilakukan optimasi.

Performa harus sebanding dengan fitur yang kita inginkan. Bargaining antara kebutuhan fitur dengan kecepatan. Kalau fitur memang sangat penting, tidak bisa ditinggalkan mau tak mau jalan terus.

  • Lazy Load; Kemampuan mengirim gambar belakangan. Gambar yang tidak harus tampil di atas atau tidak harus tampil duluan, akan ditampilkan belakangan.

  • Caching; menitipkan file-file besar dari website kita ke browser audiens yang berkunjung. Ketika pertama dikunjungi, gambar terutama yang berresolusi tinggi loadingnya akan lama. Namun ketika ditutup dan dibuka Kembali, loading menjadi lebih cepat. Hal ini dikarenakan, gambar tersebut disimpan / dititipkan sementara ke browser pengunjung. Ini yang membuat kecepatan website meningkat.

  • Minify; menggabungkan beberapa file seperti contohnya CSS untuk layout, java script dijadikan satu. Ini terkaitkan dengan pemakaian banyak plugin, bila semua itu tidak di minify maka loading akan lama.

  • Kompresi; pemahaman kompresi disini seperti kita mengirim paket. Data dari website kita ke browser pengunjung yang sangat besar di kompresi menjadi ukuran yang lebih kecil

  • Preload, Preconnect, Prefecth; perintah kepada browser me-load sesuatu sebelum waktunya.

  • Asynchronus; biasanya digunakan untuk loading javascript,

  • CDN; dipakai untuk menyimpan gambar dimana di platform blogspot ini tidak dipergunakan lagi.

Alat Ukur

  • Google Pagespeed; sudah tersedia dari google. Yang memberi informasi:
    • Bagian mana yang perlu dioptimalkan
    • Cara mengoptimalkan
  • Google Lighthouse
  • BTMetrix
  • Webpagetest

Optimasi Performa lainnya yang juga perlu diperhatikan:

  • Kurangi Jumlah Plugin, terutama yang tidak terpakai
  • Hapus revisi/draft yang tidak terpakai
  • Display swab and serves local Gfonts
  • Gunakan Webp, JPEG 2000 dan Proggresive JPEG
  • Optimasi Database

STRUKTUR WEBSITE

Yang disoroti disini adalah:

Kategori, Tag, Label

Sebaiknya sebuah artikel punya 1 kategori.

Header Tag

H1 posisinya di judul. Sedangkan yang di bodypost teratas adalah H2. Berdasarkan pengamatan dengan META SEO Inspector, dari struktur data ternyata  H1 itu hanya ada sebagai judul blog bila di homepage atau  judul artikel bila di halaman artikel itu. Bila terjadi double, google akan mendahulukan judul yang tertinggi

Schema

Bagaimana kita menyiapkan konten agar mudah dibaca oleh google / search engine sekaligus mudah dibaca oleh manusia.

  • Rich Snippet;
  • Table of Content
  • Listicle
  • Table
  • Breadcrumb
  • Image
Schema

META Description

Contoh gambar berikut bisa memberikan gambaran memahami membaca META Description

Breadcrumb

Breadcrumbnya adalah https://www.olx.id ....dst 

Tittle

META Titlenya adalah Tukang Cat…dst 

Description

META Deskripsinya adalah Cari jasa terbaru di jogja… dst

Sobat bisa mengisi META Deskripsi ini hingga150 kata, jadi silahkan membuat kalimat / kata se informatif mungkin agar bisa menarik audiens di tampilan pertama.

Image 

Image

Gambar progressive JPEG agak lebih cepat loading dibanding baseline JPEG.

Agar konten cepat terindeks, 
kembali lagi  harus di optimasi dengan memperhatikan structure

KURASI KONTEN

Ada beberapa hal yang membuat content kita kurang diminati;

  • Apakah konten kita bermanfaat?
  • Apakah konten kita diminati pengunjung?
  • Apakah struktur konten sudah benar?
  • Apa kekurangan konten saya?

Menurut narasumber, untuk kepentingan konten dia berpatokan pada GSC dan GA, juga SEO Quake untuk mengecek keyword / kata kunci yang dominan. Wah, untunglah Bunda sudah belajar Google Search Console (GSC) dan Google Analytics (GA) Dan setelah mendengar arahan Mas Priyo, Bunda langsung pasang dech SEO Quake.

Nah dari penjelasan yang diberikan akhirnya Bunda paham mengenai kata kunci yang tepat untuk konten kita. Kata kunci yang kita inginkan bisa saja lho kalah dengan kata kunci yang paling dominan. Intinya kita harus terus menggali dan mencari yang paling tepat. 

Patokan yang paling pas untuk mencari kata kunci yang bagus adalah di GSC bagian Kueri / Performa. Karena kata kunci yang ada di GSC adalah kata kunci yang susah mendapatkan traffic atau sudah mendapat rank tapi belum optimal.

Fun Fact

Fun fact

Kalau konten sudah lama, akan tertinggal dalam tayangan. Bila ingin menaikkan kembali dan bisa di indeks, buka konten tersebut dan beri sedikit sentuhan / perbaikan sehingga menjadi konten baru

OPTIMASI OFFPAGE

Social Signal

Salah satu parameter SEO adalah dia punya social signal, apakah artikel atau website itu mempunyai pengaruh dalam dunia social media orang-orang. Berapa kali di share, berapa kali jadi omongan di social media dll

Email Marketing

Public blog muncul di email kawan-kawan yang subscribe. Bisa pakai push notifikasi.

Backlink

Backlink yang bagus:

  • memiliki kesamaan bahasa dan niche
  • authoritynya baik
  • sedikit link keluar
  • inner post 

Sumber Backlink

Contoh sumber-sumber backlink: 

Contoh Sumber Backlink

Tier Backlink adalah backlink yang berjenjang untuk memperluas dan memperkuat backlink. Kalau dilihat diperhatikan sekilas model berjenjangnya seperti MLM.

Backlick checker adalah alat untuk memantau backlink.

Backlink Checker

Nah Sobat, bagaimana? apakah sudah bisa memahami optimasi blog? 

Bunda bersyukur banget bisa ikutan di acara ini sehingga dapat lebih mengerti lagi. 

Alhamdulillah

Semoga info yang Bunda bagi ini berguna, dan ada lagi kesempatan kita bisa saling berinteraksi lagi dalam konten-konten yang tak kalah serunya.

Bunda pamit ya, jangan lupa untuk rajin-rajin memantau Meja Dapur blognya Bunda Dina, juga Instagram dan Facebook Bunda. 

Salam sehat dan bahagia ... see you 😊

Wassalam

Note: Ketika postingan ini ditayangkan, akun Ig Bloggerhub.id dalam kondisi di removed oleh Instagram, jadi Bunda gak bisa cantumkan link-nya. InsyaAllah bila sudah ada kejelasan akan ditambahkan. 

By. Bunda Dina


Bagi siapapun yang ingin menjadikan artikel ini sebagai referensi, tolong cantumkan link di artikelnya. Mohon tidak untuk copas ya. Terima Kasih

Bunda Dina
Rasa ingin tahu, membuat aku jadi ingin berbagi. I love it

Related Posts

2 comments

  1. Masya Allah bun..udah update ilmu baru per blogan..ajari aku nanti ya bun..

    ReplyDelete
  2. Bundaaa terima kasih sudah mengulas materi ini, tadinya aku mau ikutan tapi kok lupa sama waktu, terima kasih sudah share ya Bunda :D

    ReplyDelete

Post a Comment